RESENSI NOVEL “Sebuah Lagu untuk Tuhan“

RESENSI NOVEL “Sebuah Lagu untuk Tuhan “

A.    Identitas Buku

Judul Buku : Sebuah Lagu untuk Tuhan
Pengarang : Agnes Davonar
Penerbit : Inandra / Inti Publisher
Desain Cover : Sugeng
Tahun Terbit : Januari 2015
jumlah halaman : 158 halaman

B. Sekilas Penulis dan Novel

Informasi Gadget dan Teknologi – Agnes Davonar adalah keluarga bersaudara penulis yang memulai kariernya dari blog, dua kakak beradik ini telah melahirkan banyak cerita online yang begitu dekat dengan kehidupan pembacanya. Lebih dari dua juta pembaca telah melihat karyanya lewat situs pribadinya agnesdavonar.net. Selain dikenal sebagai Blogger papan atas Indonesia dengan sejumlah prestasi Internasional, ia juga dikenal sebagai penulis novel best seller yang telah melahirkan 13 Novel fisik dan 2 Biografi sukses diakui di beberapa Perpustakaan Universitas Asia dan Australia sebagai koleksi resmi. Dari sekian banyak novel yang dibuat oleh pengarang, novel ini merupakan salah satu novel yang dijadikan film yang diangkat ke layar lebar oleh rumah produksi One Production Selain dikenal sebagai Blogger papan atas Indonesia dengan sejumlah prestasi Internasional. Hampir semua karya novelnya telah diadaptasi menjadi film layar lebar dan sinetron. Saat ini penulis menikmati hidup bersama orang-orang terkasih dan anjing-anjing kesayangan yang setia selalu memberikan kasih sayang abadi. Keunikan dari novel ini bahwa kisah yang diangkat dari novel ini adalah kisah inspiratif yang banyak terjadi di luar sana yang tak jarang hadir dari mereka yang justru memiliki keterbatasan.

C. Sinopsis

Mengisahkan tentang sebuah persahabatan yang tidak biasa antara seorang penyanyi terkenal yang bernama gilang dengan seorang gadis tunarungu yang jujur dan baik hati yang bernama angel.
Angel adalah seorang gadis tunarungu, ia hanya bisa mendengar dengan fungsi alat bantu. angel bisa berbicara walau tidak terlalu jelas dan terkadang menambah bahasa isyarat lewat tubuhnya yang diekspresikan lewat kedua tangannya. ia pernah mengalami kecelakaan motor pada saat ia didalam kandungan ibunya, kecelakaan saat itulah yang akhirnya membuat ayah angel meninggal dan angel menjadi cacat karena lahir prematur.

Gilang adalah penyanyi terkenal yang memutuskan mundur dari dunia tarik suara karena kasus korupsi yang menimpa ayahnya. dimasa-masa sulitnya, ia tak sengaja bertemu dengan angel, seorang gadis remaja tunarungu yang jujur dan baik hati. gilang merasa simpatik dan mereka pun menjadi sahabat yang baik tanpa peduli latar belakang mereka yang berbeda.

Walaupun angel memiliki keterbatasan tetapi ia bisa meraih peringkat layaknya anak normal lainnya, atas dari kecerdasannya itulah yang akhirnya ia mendapat beasiswa di sekolah menengah umum yang terbaik dan terkenal. untuk mencapai sekolah yang diimpikan banyak orang itu, angel tidak cangguh dan malu,walau mengalami keterbatasan fisik, angel selalu bersemangat melewati hari-harinya penuh suka cita. ia tidak pernah mengeluh bagaimana takdir membuatnya menjadi seperti ini.

Angel baru saja sekolah di tempat baru ini dan telah melewati satu semester berjalan dengan prestasi sebagai peringkat ketiga tertinggi di kelas. walau ia memiliki keterbatasan, semua temannya bersikap biasa saja padanya. beberapa terkadang merasa aneh melihat angel, sebagian menerima sebagai bagian kehidupan.

Tetapi ada yang sangat membenci angel yaitu agnes. agnes adalah anak dari duta besar yang memberikan beasiswa kepada angel. pernah suatu ketika agnes dan kawan-kawannya menyekap angel di gudang olahraga, tangan angel kemudian diikat dan mulutnya di ikat dengam kain supaya angel tidak bisa berteriak. ia disekap disana selama 3 jam. dan agnes mengundang gilang agar datang kesekolah dengan alasan ia ingin berbicara hal penting dengannya. dan ia mengundang wartawan juga kesekolah agar ia ingin membuat berita nasional membicarakan tentangnya sebagai orang terdekat gilang.

Angel merasa sesak nafas, dan mulai tak sadarkan diri,  karena ruangan terlalu sempit dan tidak memiliki udara yang cukup. hidungnya mimisan dan ia terus bertahan dengan menendan pintu sehingga membuat bunyi yang bisa didengar dari luar pintu gudang olahraga. pada saat itu kebetulan hendra sedang berjalan sekitar gedung sekolah dan mendengar suara tendangan di gudang olahraga, ketika ia akan pintu gudang dan membukannya. terlihat angel tergeletak lemas tak berdaya dengan hidung penuh darah.

Hendra yang melihat angel tersebut segera membawanya ke rumah sakit dan setelah itu juga, gilang juga melihat angel yang diangkat tubuhnya oleh hendra. dan mereka pun segera pergi ke rumah sakit. agnes dan kawan-kawan merasa gelisah dan tsakut akan kejadian tersebut. setibanya dirumah sakit angel dibawa ke ruangan unnit gawat darurat untuk mendapatkan perawatan.

Beberapa jam kemudian gilang dan ibu angel berada di ruang dokter. setelah dokter menjelaswkan tentang kondisi angel dan ternyata angel mengidap kanker leukimia stadium 2. angel terbangun setelah beberapa jam, angel yang tersadar merasa pendengarannya semakin tak berfungsi.

Sudah 3 hari angel menghabiskan waktunya di rumah sakit. gilang yang datang menjenguk menjelaskan kondisi angel, angel yang mengetahui penyakitnya tersebut menangis memilukan. angel melewati proses kemotherapi sebagai langkah untuk menjinakan kanker yang ada di tubuhnya. setelah beberapa hari agnes dan kawan-kawan datang untuk meminta maaf atas perbuatannya. suatu siang saat angel sedang duduk ditaman rumah sakit, gilang yang datang menjenguk melihat angel yang sedang merenung sambil membuat sebuah puisi kepada tuhan. angel meminta satu permintaan terakhir kepada gilang untuk membuatka sebuah lagu untuk tuhan untuk menghadap ke sang pencipta.

D. Keunggulan Novel

Keunggulan dari novel ini menurut saya adalah dari segi pemilihan bahasa dalam novel ini mudah dimengerti oleh si pembaca, karna menggunakan bahasa yang tidak berbelit-belit dan menggunakan bahasa yang umum digunakan sehari-hari oleh para pembaca. Dilihat dari keunikan novel ini juga bahwa kisah yang diangkat dari novel ini adalah kisah inspiratif yang banyak terjadi di luar sana yang tak jarang hadir dari mereka yang justru memiliki keterbatasan, seperti halnya Angel sang pemeran utama yang merupakan seorang gadis remaja tunarungu yang divonis mengidap penyakit kanker yang bisa merenggut nyawanya.

E.Kelemahan Novel

Menurut saya dari segi cover novel ini tergolong sederhana, dan banyak terdapat tulisan-tulisan yang salah ketik sehingga pembaca susah untuk memahami arti dari tulisan tersebut. Jalan cerita dalam novel ini juga mudah ditebak oleh para pembaca sehingga pembaca terkadang ada timbul rasa bosan dalam membaca novel ini karena jalan ceritanya mudah ditebak, dan banyak bahasa tulisan yang tidak sesuai dengan EYD, contohnya pada bagian sinopsis cover belakang buku paragraf pertama ada kata “Ayahnya” yang menggunakan huruf besar pada awal kata, padahal menurut EYD tidak demikian.

F. Tinjauan Bahasa

Dari segi bahasa, sebenarnya dalam novel ini masih banyak terdapat kata-kata yang bukan bahasa indonesia yang baik dan benar. Sedanngkan dari segi gaya bahasa, penulis novel banyak menggunakan bahasa yang tidak baku pada novel ini. Ini ditujukan agar novel ini mudah dimengerti mulai dari remaja sampai dewasa, atau untuk semua golongan lapisan masyarakat.